BUMDes Ini Baca Peluang Usaha dikawasan Pariwisata, Patut ditiru.

Instagram

BUMDes Ini Baca Peluang Usaha dikawasan Pariwisata, Patut ditiru.

6/17/2019, 6/17/2019
Resto yang dibangun oleh BUMDes Desa Mertak Kec. Pujut. (Azzam/Lombok Fokus)


Lombok Tengah, (Lombok Fokus) - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) biasanya buka usaha di jual beli Alat Tulis Kantor (ATK) dan kebutuhan pokok, usaha biasanya dibuka didekat kantor desa.

Namun ada yang menarik dengan BUMDes yang ada di Lombok Tengah ini, tepatnya Desa Mertak Kecamatan Pujut yang dekat dengan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Badan usaha milik desa ini membuka usaha Resto di pinggir pantai dan membangun rumah makan dalam mempermudah wisatawan untuk mencari tempat makan serta meningkatkan pendapatan warga.
Wisatawan saat berkunjung keresto. (16/6/19)

Lokasinya tepat di pantai Teluk Bumbang, Ide untuk membuka usaha di kawasan wisata ini lahir dari banyaknya wisatawan yang berkunjung di Pantai Bumbang dan
Twa Gunung Tunak dan masyarakat tidak membaca peluang tersebut sehingga dari pihak desa menginisiasi pembangunan rumah makan yang disediakan oleh warga.

"Ide bikin resto ini sebenarnya karena banyak wisatawan yg berkunjung ke pantai bumbang dan twa gunung tunak namun kita sebagai masyarakat belum menyediakan tempat makan yg layaq dan menarik.  Oleh karena itu bumdes membangun warung makan atau resto agar wisatawan yg berkunjung ke twa gunung tunak dan pantai bumbang ada tempat makan." Ungkap Azzam Khalif Via pesan WhatsApp saat ditanya wartawan.

Lebih lanjutnya lagi, untuk mengembangkan usaha milik desa , ia menjelaskan bahwa ia akan melengkapi beberapa pelayanan yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang berkunjung.
Spot Photo yang disediakan untuk para pengunjung.


"Selain itu kami akan melengkapi resto dengan water sport seperti kano, ban dan penyewaan papan surfing karena kebetulan tempat resto kami sangat dekat dengan surfing area" tambahnya.

Usaha yang dijalankan dimulai sejak pasca lebaran Idul Fitri 2019.

TerPopuler