Berqurban Sekaligus Training Baca Al-Qur'an Cara Baitul Tamqil dan Cinta Qur'an Foundation Berqurban di Idul Adha

Advertisement

Berqurban Sekaligus Training Baca Al-Qur'an Cara Baitul Tamqil dan Cinta Qur'an Foundation Berqurban di Idul Adha

8/13/2019


Mataram, Berbagai cara untuk berbagi di hari idul adha, namun yang dilakukan oleh Baitul Tamqil dan Cinta Qur'an Foundation berbeda dengan yang lain.
Biasanya orang hanya berbagi daging Qurban akan tetapi yang dilakukan kedua lembaga ini yakni bukan hanya berbagi paket akan tetapi memberikan Training Baca Qur'an dan Amazing Qurban.
Kegiatan yang dinamakan Indonesia Bisa Baca Al-Qur'an (IBBQ) berangkat dari banyaknya orang Islam yang tidak bisa baca Al-Qur'an. Dilansir dari Web Cinta Al-Qur'an Foundation bahwa Berangkat dari keprihatinan dan harapan akan kebaikan negeri ini, Cinta Quran Foundation menggagas sebuah mimpi besar, sebuah gerakan massif untuk membantu masyarakat muslim Indonesia agar bisa membaca Al-Quran dengan nama #IndonesiaCintaQuran.
Gerakan ini hadir dengan memberikan pelatihan tidak berbayar kepada masyarakat dengan metode pembelajaran yang dirancang khusus untuk memudahkan peserta belajar membaca Al-Quran.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Ahad (10/8/18) sampai hari Senin (11/8/9) menyalurkan bantuan di dua titik yakni Lombok Utara di Dusun Penyambuhan dan Lombok Timur yakni di Pringgabaya.
Koordinator penyaluran daging qurban dan Training Qur'an mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Baitul Tamqil dan Lembaga Cinta Al-Qur'an.
"alhamdulillah untuk hari raya idul adha kali ini dari tim Baitul Tamqil bekerja sama dengan Lembaga Cinta Qur'an Foundation yang ada di jakarta, ini kali kedua kami menyalurkan daging kurban untuk warga terutama warga duafa." Ungakap Kazuaini di Graha Ayu Hotel saat wawancara.  Selasa, (13/8/19).
Pada tahun sebelumnya gerakan Amazing Qurban telah dilaksanakan di empat kabupaten
"untuk kali ini kami mengadakan di 2 daerah, kalau kemarin tuh di 4 kabupaten. sekarang ini kita adakan di kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara." Tuturnya.
"yang kemarin itu dari sumbawa lombok timur lombok barat sampe dengan lombok utara kalau yang kemarin itu titik yang ada" tambahnya.
Lebih lanjutnya lagi ia mengatakan bahwa bukan hanya berbagi paket daging qurban namun juga  training baca Qur'an.
"bukan hanya melakukan hewan kurban tapi juga melakukan training quran secara gratis kepada warga kita yang belum bisa membaca quran". Ungakpnya
"sasaran kita adalah warga yang betul betul blank terhadap baca Qur'an,  ternyata itu masih ada masih ada. yang kami bina itu sekitar 7000 kepala keluarga,  ibu-ibu itu hampir bisa dikatakan 50 persen tuh belum bisa lancar baca quran." Jelasnya.
Pemilihan lokasi di tempat terdampak gempa ia jelaskan bahwa upaya untuk membantu masyarakat dalam proses recovery pasca bencana yang melanda Lombok satu tahun lalu.
"Kami hadir bukan hanya sebagai pemegang amanat ini juga sebagai bentuk recovery gempa.
karena pringgabaya dan  daerah lainnya yang terdampak gempa,   sehingga kami hadir di dua daerahnya ini adalah sebagai untuk sebagai untuk menjalankan amanat   tapi juga sebagai recovery mental pada orang-orang yang masih trauma dengankejadian gempa yang satu tahun yang lalu." Jelasnya
Ia menambahkan, kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan berjanji akan mengembangkan lebih luas lagi.
"harapan kami ya mudah-mudahan  kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga, mudah-mudahan bisa kami kembangkan lagi lebih banyak lagi untuk di seluruh wilayah di nusa tenggara barat nantinya. Kami ucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah mempercayakan kami sebagai penyalur rizki kepada yang membutuhkan" tutupnya. (Dk)