Keren Gowes Kemerdekaan 100 km, Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Instagram

Keren Gowes Kemerdekaan 100 km, Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

8/25/2019, 8/25/2019

JAKARTA, (LF) -  Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman melepas 650 peserta Gowes Kemerdekaan sejauh 100 km Tasikmalaya-Pangandaran, yang dilaksanakan dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf FX. Sri Wellyanto, dalam keterangannya, Minggu (25/8/2019).

Diungkapkan Wellyanto, kegiatan yang bertajuk Gowes Kemerdekaan tersebut digelar oleh PT. Pindad yang diikuti 650 peserta dari TNI-Polri termasuk dari berbagai kalangan, suku dan etnis.

"Gowes Kemerdekaan ini, start di Kodim 0612 Tasikmalaya Jalan Oto Iskandar Dinata Kota Tasikmalaya dan finish di Pantai Pangandaran. Jaraknya kurang lebih 100 km," katanya.

Menurut Wellyanto, kegiatan Gowes ini juga dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Sekaligus dalam rangka mengajak untuk menyehatkan masyarakat dengan bersepeda.

"Secara simbolis, Gowes Kemerdekaan ini dilepas oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, di halaman Makodim 0612/Tasikmalaya," ujarnya.

Dalam keterangannya, Wakasad menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa demi menjaga keutuhan NKRI.

Lebih lanjut disampaikan Wellyanto, selama kegiatan berlangsung, para peserta menyusuri rute utama jalan raya Tasikmalaya-Pangandaran yang melintasi empat Kota Kabupaten di Priangan Timur.

"Pemberangkatan peserta Gowes dibagi dalam dua grup, yaitu grup pertama berangkat pukul 05.30 WIB dan grup kedua berangkat pukul 05.40 WIB," terangnya.

Pemberangkatan rombongan pertama, ungkap Wellyanto, diawali oleh pesepeda ontel dari berbagai suku dan etnis lengkap dengan pakaian khas daerah masing-masing.

Kemudian disusul pesepeda anggota TNI dari Papua dan dilanjutkan oleh ratusan pesepeda peserta Gowes Kemerdekaan dari TNI Polri yang dipimpin langsung oleh Wakasad. (Dispenad).

TerPopuler