Perkuat Kebhinekaan, Indek Dompu Gelar Diskusi Publik

Perkuat Kebhinekaan, Indek Dompu Gelar Diskusi Publik

8/22/2019


Dompu, (Lombok Fokus) - INDEK DOMPU atau lembaga riset pengembangan konsulting dan advokasi kebijakan pembangunan Dompu Menggelar dialog public dengan tema " tokoh agama, tokoh masyarakat dalam memperkuat kebinekaan dan kebudayaan" bersama Ketua MUI DOMPU, Ketua NU DOMPU Dan Salah satu tokoh pemuda Di Twins cafe Jalan baru karijawa Dompu, 22/08.

Kegiatan dialog ini  yang di ikuti utusan dari organisasi kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan juga beberapa LSM yang ada di Dompu dengan hikmahnya acara tersebut membuat peserta dialog menyimak dengan seksama materi yang di paparkan narasumber.

Dalam sambutan ketua umum INDEK Dompu ARDIANSYAH mengatakan" Dialog ini merupakan power dan spirit bagi kaum muda mudi di Dompu agar bisa menyelaraskan hubungan berbangsa, bernegara, dan berbudaya karna memang saat2 ini kaum muda mudi mudah di provokasi oleh berita hoax di medsos isu isu rasisme antar anak bangsa." Ujarnya.

Dalam dialog public ada beberapa narasumber yang mengisi dari kalangan tokoh pemuda di wakili Dodo Kurniawan SE ME dan dari kalangan tokoh agamanya ada dari MUI DOMPU yaitu bapak Dr abdulah ARSYAD kalau dari nahdatul ulama di Dompu bapak DRS H MOKH NASIHIN MSI .

Agenda dialog public ini sangat relevan dengan kondisi sekarang ini karna isu rasisme antar anak bangsa sangat mencuat dengan dialog public ini semoga saja memobilisir isu haox yang terjadi, Dialog ini dimulai dari pukul 14:00-17:00 dengan hikmahnya acara Semoga saja anak muda mudi di Dompu bersinergi membantu mengembangkan nilai kebudayaan dan kebinekaan. Demi keutuhan NKRI.

6 indikator  Toleransi
1. Saling menerima keberadaan umat beragama lain
2. Mengerti kebutuhan beragama lain.
3. Percaya dan tidak saling mencurigai antar sesama umat.
4. Ada kemauan untuk tumbuh dan berkembang
5. Rela berkorban untuk kebaikan
6. Mengedepankan nilai-nilai ajaran universal agama