Perkuat Penguasaan Media, PMII UNRAM Adakan Sekolah Jurnalistik II

Instagram

Perkuat Penguasaan Media, PMII UNRAM Adakan Sekolah Jurnalistik II

8/31/2019, 8/31/2019


Mataram, Lombok Fokus | Telah berlangsung acara Sekolah Jurnalistik yang diadakan oleh Pengurus Komisariat PMII Universitas Mataram yang bertema "Membangun Kader Jurnalistik dalam Menjawab Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0". Acara tersebut berlangsung di Aula UPT. Perpustakaan Universitas Mataram. Sekolah Jurnalistik ini merupakan agenda jurnalistik ke-2 yang diadakan oleh PMII Unram dan mengundang seluruh Rayon yang ada di PMII Kota Mataram. Sabtu, (31/8/19)

Pada Sekolah Jurnalistik kali ini, Ketua Komisariat PMII Unram menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dalam bidang jurnalis, diantaranya Pimpinan Redaksi Harian Umum Suara NTB, Salah satu pegawai KPID NTB, Ketua Balai Tulis Literasi NTB, Mantan Wartawan Harian Umum Suara NTB, Penulis Handal NTB (red: Ketua LTN-NU NTB), dan Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Mataram.

"Harapan kedepannya semoga dengan adanya sekolah jurnalistik ini, akan mampu melahirkan jurnalis-jurnalis handal baik dari Universitas Mataram maupun dari Kota Mataram pada umumnya" Ujar Mustain Nasrullah selaku Ketua Komisariat PMII Universitas dalam sambutannya.

Selain itu, Ketua Cabang PMII Kota Mataram, Herman Jayadi juga mengatakan bahwa sekolah jurnalistik sangat penting dan sejalan dengan program kerja Pengurus Cabang yang akan membuat buku berisi sejarah PMII Kota mataram dan berharap ada kader-kader yang bisa ikut andil dalam pembuatan bumu tersebut.



Acara sekolah jurnalistik tersebut dibuka oleh salah satu Mabinkom (Majlis Pembina Komisariat) PMII Unram yaitu Budi Santosa, S.Ag, MA dengan menitip harapan bahwa akan lahir penulis-penulis dari Unram yang akan membawa manfaat untuk masyarakat lewat tulisan-tulisan yang dibuat nantinya oleh kader-kader PMII Unram khususnya, dan lader-kader PMII Kota Mataram pada umumnya.

Pada Sekolah Jurnalistik ini dibahas semua mengenai teknik menulis sampai Kode etik Jurnalistik yang dipaparkan oleh pemateri-pemateri secara bertahap.
Sampai pada akhirnya semua peserta diminta untuk langsung menulis mengenai beberapa tema yang ditentukan oleh salah satu pemateri.

Telah dipaparkan juga oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Mataram tentang sejarah Pers secara global maupun sejarah pers di Indonesia.
Bapak H. Agustalino selaku Pimpinan Redaksi Suara NTB menegaskan sekali lagi bahwa kunci sukses menjadi seorang penulis itu ialah menulis, menulis, dan menulis.



Selain masalah penulisan berita, pada acara tersebut juga dibahas tentang essay dan jurnal dimana pemateri membawa langsung contoh-contoh tulisannya. Sama halnya dengan penyampaian materi tentang tata cara yang baik dan benar dalam melakukan wawancara yang menceritakan langsung pahit manisnya menjadi wartawan.

Sebagi seorang jurnalis, gunakan hati nurani. Jika ingin mengenal dunia, maka membacalah. Jika ingin dikenal dunia, maka menulislah.

TerPopuler