Pentingnya Melestarikan Bahasa Indonesia Diera Milenial.

Advertisement

Pentingnya Melestarikan Bahasa Indonesia Diera Milenial.

11/07/2019


Apasih Bahasa Indonesia itu?
Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa indonesia. Bahasa indonesia diresmikan penggunaannya setelah proklamasi kemerdekaan indonesia.

Indonesia kaya akan bahasa dan budaya . Keanekaragaman bahasa dan budaya yang dimiliki indonesia adalah kekayaan yang takternilai harganya.

Dimulai dari keanekaragaman bahasa  indonesia selain mempunyai bahasa nasional  yang disebut bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia.
 Pelestarian ragam budaya khususnya budaya bahasa dapat kita lestarikan dengan cara lebih mengenalkan bahasa dan budaya kepada masyarakat luas terutama pada anak-anak ataupun peserta didik.

"Contoknya mengadakan acara bulan bahasa setiap tahunnya. Tidak menutup kemungkinan bulan bahasa dilaksanakan oleh perguruan tinggi dan sekolah-sekolah lainya.

Kebanyakan dari kita yang  mengetahui tentang bulan bahasa, sekalipun mereka yang belum megetahui akan memilih sikap acuh tak acuh saja.

Mungkin dengan seiringnya kemajuan zaman mengubah pemikiran dan cara pandang orang tua dalam mendidik anaknya bisa dibilang longgar dan kurang memperhatikan kemajuan, perkembangan yang di alami anaknya dibanding orang tua zaman dulu.

Orang tua zaman sekarang kurang memperhatikan kesantunan berbahasa anaknya, padahal kesantunan  berbahasa adalah salah satu didikan yang diperlukan oleh setiap anak.

Entah memang kemajuan zaman yang semakin maju ataukah pengaruh dari luar. Dilihat dari zaman yang semakin maju dan canggih orang tua lebih berlomba-lomba menyekolahkan atau menggkursuskan bahasa asing kepada anaknya dan bahasa-bahasa lainnya. Kita tidak seharusnya bersikap tidak peduli terhadap bahasa piunta kita atau bahasa indonesia.

Nama : Mardawin Kurniati

Tema : Pentingnya Melestarikan Bahasa Indonesia Diera Milenial.