Header Menu

https://lombokgreentrans.com/sewa-mobil-paling-murah-di-lombok-harga-paling-murah/

Wagub Dorong Pemdes Mantang Terapkan Zero Waste



Lombok Tengah - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Sitti Rohmi Djalilaiah dorong pemerintah Desa Mantang Kecamatan Batukliang terapkan Zero Waste di masayarakat khususnya Lombok Tengah. Pihaknya mengakkui program zero weste ini adalah satu-satunya cara untuk menerapkan hidup sehat kepada masyarakat, selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan program zero west ini  dijadikan sebagai upaya mengurangi penggunaan sampah plastik.
mudah-mudahan setelah beberapa pelatihan yang telah diberikan pemdes untuk masyarakat bisa membawa Desa Mantang menjadi lebih sukses dalam pengelolaan sampah sehingga sampah tidak lagi menjadi momok yang menjijikkan, akan tetapi menjadi rebutan bagi masyarakat karena sebelumnya sudah diberi ilmu dasar untuk pengelolaannya sehingga bisa menjadi bisnis dan sumber perekonomian bagi masyarakat desa.

“Tidak boleh malu untuk memungut sampah, suami saya aja kerjaannya mungut sampah untuk usaha ternaknya masa masayarakat sini malu? karena itu pekerjan yang mulia, kalau ingin berubah tentu harus berusaha dengan gigih jangan setengah-setengah,” ujarnya saat diwawancara di aula kantor desa kemarin.

Lebih lanjut wabup menyampaikan, saat ini Bank sampah sudah mulai terkonek dengan pegadaian, dalam artian masayrakat bisa naik haji dengan tabungan sampah, siapa saja yang rajin menabung sampah akan dapat porsi haji walau memang harus nabung dulu untuk melengkapi kebutuhan selanjutnya.
“Akan tetapi kalau sudah dapat porsi haji, tentu masayarakat akan lebih giat lagi untuk berusaha dan menabung supaya bisa naik haji,” bebernya.

Sementara itu, Kades Mantang Lalu Oktavian Miraja sangat apresiasi atas kehadiran ibu wabug dalam rangka mensosialisasikan program zero west di desanya, ia mengakui Desa Mantang sedang mempersiapkan untuk melakukan sosialisai terkait pentingnya menjaga kebersihan dan mengurangi pemakaian sampah plastik. Dalam artian sosialisasi tentang sampah akan terus berlanjut sampai 2020 nanti sehingga Zero West di Desa Mantang bisa berjalan dengan maksimal.
Sehingga kehadiran Bank Sampah nantinya bisa membantu sumber perekonomian masyarakat, karena diawal tahun pemdes akan menganggarkan dana untuk pelatihn yang lebih maksimal sehingga nantinya, masayarakat bisa dengan mudah mengeksekusi sampah ditempatnya sendiri dan bisa langsung memasarkan.
“Karena pemdes akan latih masyarakat disiplin dan mandiri tanpa harus bergantung ke orang lain dalam artian berdiri di kaki sendiri lebih baik dari pada berdiri di kaki orang lain,”tutupnya. (Bt)