Bau Nyale 2020 Lebih Meriah.

Bau Nyale 2020 Lebih Meriah.
Share
Ilustrasi orang sedang bau Nyale. (Kumparan)
LombokFokus.Com | Pemerintah Daerah Lombok Tengah dalam waktu dekat akan melaksanakan Festival Bau Nyale Tahun 2020. Kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat sasak Lombok itu akan dikemas lebih meriah dan menarik, terlebih event Tahunan itu lokasinya berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
“Penetapan puncak Bau Nyale itu akan dilakukan besok melalui sangkep warige di rumah adat sasak Ende Desa Sengkol, yang dihadiri oleh tokoh adat, tokoh budaya dan tokoh masyarakat,” ujar Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT selesai senam pagi di Alun-alun Tastura Praya, Jumat (10/1) dilansir dari Kicknews.today

Dijelaskan, bahwa Festival Bau Nyale ini sudah masuk menjadi event Nasional, sehingga dirinya mengusulkan dalam penetapan sangkap warige puncak Bau Nyale itu melibatkan semua tokoh ada dan budayawan yang ada di NTB, bukan hanya yang ada di Lombok Tengah. Sehingga Bau Nyale itu lebih meriah dan bisa dilakukan secara serentak di NTB khusus di Pantai yang ada Nyalenya.
“Bau Nyale ini harus berjalan sukses dan meriah. Sehingga semua tokoh adat dan budayawan di NTB ini harus terlibat,” harapnya.
Dikatakan, bahwa lokasi perayaan puncak Bau Nyale itu akan berbeda dengan Tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun 2020 lokasi perayaan Bau Nyale itu akan dilaksanakan di Pantai Tanjung Ann, karena lokasi yang ada di Pantai Seger itu sedang dibangun untuk Sirkuit MotoGP, sehingga tidak bisa dipusatkan disana.
“Lokasi perayaannya kita alihkan ke Pantai Tanjung Ann. Kalau Bau Nyale tetap dilaksanakan di semua Pantai, baik itu di Pantai Kuta, Pantai Seger dan Pantai lainya di wilayah Lombok Tengah bagian selatan, termasuk di Pantai Selong Belanak,” jelasnya.
Ditambahkan, bahwa pelaksanaan Bau Nyale Tahun 2020 ini akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi NTB, sehingga pihaknya berharap Pemerintah Provinsi NTB harus dari awal dalam melaksanakan Festival Bau Nyale, termasuk dalam penentuan Puncak Bau Nyale, sehingga Budayawan di NTB ini bisa dilibatkan semua.
“Untuk hiburan insya Allah akan ada Artis ibu Kota, pokoknya akan meriah, biar banyak wisatawan datang,” pungkasnya. (Red)

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

deskripsi gambar

Iklan Tengah Artikel 1

GP Ansor NTB

Iklan Tengah Artikel 2

GP Ansor NTB

Iklan Bawah Artikel

GP Ansor NTB