Buat Video Dapat Uang, Ikuti Lomba Film Pendek Harlah NU 94

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

Buat Video Dapat Uang, Ikuti Lomba Film Pendek Harlah NU 94

2/14/2020

Sembilan tahun setelah berdirinya Nahdlatul Ulama di Surabaya pada 31 Januari 1926, para ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) di Kota Ampenan Lombok telah mulai melakukan konsolidasi untuk membentuk Nahdlatul Ulama di Wilayah ini.

Beberapa tokoh penggerak antara lain TGH. Mustafa Bakri (Kampung Banjar Sekarbela), Sayyid Ahmad Al Idrus dan Sayyid Ahmad Alkaf (Ampenan) dan sejumlah ulama lain yang yang diketahui sebelumnya membentuk organisasi bernama Persatuan Islam Lombok (PIL)

Tahun 1935, kemudian disepakati Persatuan Islam Lombok (PIL) mengutus beberapa orang untuk menemui pengurus besar Hofdbestoer Nahdlatoel Oelama (HBNO) di Surabaya dan meminta restu untuk mendirikan NU Cabang Ampenan. Setelah terbentuk pengurus, Pada tahun 1939 NU Cabang Ampenan mendapat undangan untuk mengikuti Muktamar NU yang ke 14 di Magelang Jawa Tengah.

Sepulang dari Muktamar inilah, NU Cabang Ampenan memulai konferensi pertamanya yang bersamaan dengan konferensi Ansor NU Lombok pada tahun 1940 dan dihadiri langsung oleh Penggurus HBNO Konsul Lombok KH. M. Dahlan.

Kepengurusan awal terbentuklah H. Sayyid Ahmad Al kaf (Rois Syuriah) bersama Sayyid Ahmad Al Idroes (Syuriyah), Abd. Ghofur Rowi (Katib) Dan TGH. Mustafa Bakri (Ketua Tandfiziyah) dan Abdul Manan (Sekretaris). Kepengurusan ini berlangsung dari Tahun 1932 – 1953.

Tahun 1953 diadakan konferensi kedua dan TGH. M. Soleh Chambali terpilih sebagai Rois Syuriyah, Abd. Ghofur Rowi sebagai Katib, H. Achsjid Mudzhar sebagai Ketua Tanfiziyah dan Bil’id Ms. A sebagai Sekretaris. Kepengurusan berakhir 1964. Kepengursan berikutnya 1964 – 1968 struktur ini tak berubah, semua pengurus dipilih kembali. Hingga pada muktamar yang keempat setelah TGH. Soleh Chambali meninggal dunia pada tahun 1968, Rois Syuriah diganti dengan TGH. Saleh Wake (Sumbawa) sementara ketua Tandfiziyah dijabat H. L. Wildan.

Periode selanjutnya, 1973 pada saat konferensi yang kelima, berganti TGH. M. Faesal (Rois Syuriah), H. Syarifuddin BA (Katib), Drs. H. Israil (Ketua Tandfiziyah) dan H. Saeful Muslim (Sekretaris).

Sedikit sejarah awal berdirinya NU di Lombok inilah awal mula sejarah Islam Nusantara di Pulau Seribu Masjid ini. Kepingan-kepingan sejarah yang tersebar di berbagai tempat Lombok berupa ajaran-ajaran, ritus, peninggalan, karya atau manusktrip serta makam para ulama belum semuanya terungkap ke publik.

Karena dirasa sangat penting diabadikan sebagai warisan ulama, sarana pendidikan, informasi dan motivasi membangun Local Wisdom di Tanah Lombok Maka Panitia Harlah NU ke 94 Kabupaten Lombok Tengah, PCNU Kab. Lombok tengah dan Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama Lombok Tengah bermaksud mengadakan Lomba Film Pendek Dengan Tema : “Tema : “Khazanah Islam Nusantara Dalam Tradisi Kebudayaan Sasak”

KETENTUAN LOMBA dan KRITERIA FILM/ VIDEO

- Durasi Film/Video Maksimal 15 (Lima Belas) Menit Sudah termasuk Credit Title
- Footage Film/Video diambil Tahun 2019 – 2020
- Alat pengambilan gambar Film/Video bisa berupa kamera Smartphone/ DSLR/Mirorless
- Film/Video tidak pernah diikutsertakan dala lomba-lomba lainnya
-Penggunaan materi Film/Video Seperti Musik, Ilustrasi, Footage, Gambar,  yang memiliki hak cipta orang lain agar diberikan keterangan di dalam Video.
- Film diupload di Channel Youtube Peserta Dengan mencantumkan Hastag : #LombaFilmPendekHarlah94Loteng
- Peserta Wajib Subcribe Channel 99TV LTN NU Loteng dan Like Fanpage @Ltnnuloteng dan @nulomboktengah

*MATERI LOMBA :*

- Situs-situs sejarah Islam Nusantara di Lombok (Masjid, Langgar, Makam, Petilasan dll)
- Ajaran-ajaran Islam Nusantara (Tawassul, Tahlil, Ziarah Kubur, Shalawatan, Bahtsul Masa’il, Halal Bihalal, Maulidan, Tasawuf dll)
-Peninggalan-Peninggaan Penting (Pesantren, Kitab, Manuskrip, Lontar, Babad, Senjata Pusaka dll)
- Seni Tradisi (Rudat, Nya’er, Baca Hikayat DLL)

JADWAL LOMBA :

- Sosialisasi mulai 13 Februari 2020 / Sejak Pengumuman ini di muat di Website nulomboktengah.or.id / fanpage Facebook LTN NU Lombok Tengan
- Video diupload Paling Lambat 1 Maret 2020
Batas Akhir Pengumpulan LINK YOUTUBE :  1 MARET 2020
- Pengumuman Pemenang : Tanggal, 7 Maret 2020
- Pembagian Hadiah : 11 Maret 2020
- Video asli diserahkan ke panitia paling lambat 9 Maret 2020
- Roadshow Film Tanggal 25 – 30 Maret 2020

PENILAIAN LOMBA :

- Keaslian
- Kesesuaian Tema
- Kekuatan Pesan
- Kreatifitas
- Keputusan Juri tidak bias diganggu gugat

JURI LOMBA :

- Abdul Latif Apriaman (Wartawan Kompas TV)
- Paox Iben (Budayawan NU)
- Adi Fadli (Penulis Buku Pemikiran Islam Lokal TGH. M. Soleh Chambali)

HADIAH :

Juara 1 : Sertifikat dan Uang Rp.1.500.000
Juara 2 : Sertifikat dan Uang Rp. 1000.000
Juara 3 : Sertifikat dan Uang Rp. 500.000

_10 Orang Juara harapan Akan diberikan Souvenir Harlah_

KONTAK PANITIA :

Pahrurozi / 087864643808)
Ahmad Jumaili / 082339993330
Email : ltnnuloteng@gmail.com
Fanpage : @ltnnuloteng
Instagram : @ltnnuloteng
Youtube : 99 TV LTN NU Lombok Tengah

INFO LEBIH DETAIL :
http://bit.ly/LombaFilmPendekHarlahNU94Loteng